Mobil Jarang Dipakai, Ban Juga Perlu Perawatan


    Ban merupakan peranti penting dalam sebuah kendaraan. Peranti berbahan karet ini pun    perlu diperhatikan perawatannya.

   Bahkan, menurut Wibowo Santosa, owner toko pelek Permaisuri Ban di Mahakam,            Jakarta Selatan, mobil juga perlu diperhatikan perawatan bannya. Dia menyebut, hal          yang terpenting pada penggunaan ban itu adalah tekanan anginnya.

  
"Kalau pakai ban produksi 2018, tapi tekanan anginnya salah ya mati juga. Terus juga          perawatannya, dirawat enggak balancing/spooring-nya," 
    Dia menyarankan, kalau bisa ban mobil dijalankan meski jarang dipakai. Untuk mobil          yang jarang dipakai, Wibowo menyarankan agar dijalankan paling tidak seminggu sekali.
    "Kalau bisa harus jalan terus, maksudnya, misalnya seminggu sekali, asal keliling                 kompleks rumah saja," katanya.
     Menurutnya, jangan biarkan mobil yang jarang dipakai itu diam saja diletakkan di suatu       tempat tanpa digerakkan. Jika jarang dipakai, kalau bisa ban jangan terus menempel ke     lantai agar tidak timbul flat spot.
 
    
"Karena misalnya mobil jarang dipakai, mobil ditaruh saja, itu pasti banya ada flat spot.        Pas lagi diam, kalau bisa enggak nempel ke lantai, didongkrak dan sebagainya. Karena      kalau nempel terus ada flat spot," ujar Wibowo.

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.