Konsumsi Air Kelapa Ternyata Berkhasiat Turunkan Tekanan Darah


Air kelapa merupakan salah satu minuman favorit pelepas dahaga.

Rasanya yang khas dan efek menyegarkan yang ditimbulkannya menjadi alasan minuman ini menjadi favorit saat siang hari atau saat berbuka puasa.

Namun, ternyata air kelapa tak hanya menyegarkan tetapi juga kaya akan nutrisi dan mengandung banyak manfaat.

Air kelapa muda mengandung beberapa kandungan seperti gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan tubuh. Selain itu air kelapa juga mengandung mineral dan vitamin seperti vitamin C, kalsium, kalium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor yang dapat memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Salah satu manfaat mengkonsumsi air kelapa yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Penelitian menunjukkan tekanan darah pasien hipertensi yang rutin mengonsumsi air kelapa turun hingga 71 persen. Kemampuan air kelapa menurunkan tekanan darah ini dapat dijadikan alternatif sebagai penurun tekanan darah yang alami dan tidak memiliki efek samping.

Kandungan gula dalam air kelapa juga dapat mengembalikan kembali energi setelah beraktifitas tanpa membuat gula darah naik. Selain itu, air kelapa juga disebut lebih baik dibandingkan minuman isotonik atau minuman berenergi.

Hal tersebut disebabkan karena air kelapa lebih kaya akan kalium daripada sodium dibandingkan minuman berenergi. Konsumsi sodium harus dibatasi karena dapat menyebabkan hipertensi. Kandungan kalium dan potassium yang terkandung dalam air kelapa juga diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Penelitian-penelitian diatas menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa yang alami secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan menjadi alternatif penurun tekanan darah bagi penderita hipertensi

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.