Ada Pohon Pisang Berbuah Ribuan, Dekat Makam Ki Ageng Selo

   Ibnu Hisyam (65), warga Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah,      menunjukkan pohon        pisang unik yang tumbuh di halaman depan rumahnya, Sabtu (3/6/2017).


   
Warga dihebohkan dengan keunikan pohon pisang milik seorang warga Desa       Selo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Ibnu Hisyam   (65). Pohon pisang yang tumbuh di halaman depan rumah Hisyam ini lain               daripada yang lain.  Meski perkembangan pohon normal, namun buah yang dihasilkan mencapai           ribuan tak selazimnya dengan apa yang dihasilkan pohon pisang pada umumnya.

  
Tandan pisang terus tumbuh menjuntai ke bawah hingga ujung bunga (Jantung)     menyentuh permukaan tanah. Panjangnya tandan pisang hampir dua meter atau    190 meter.

 
Keanehan pohon pisang ini sontak memancing rasa penasaran warga. Mereka      berduyun-duyun berdatangan ingin menyaksikan dan membuktikan sendiri  dengan   mata kepala telanjang.Terlebih lagi, lokasi pohon pisang ini tak jauh dari tanah Makam Ki Ageng Selo.  Ki Ageng Selo atau Syech Abdurrahman adalah seorang tokoh penyebar agama islam di Jawa yang masih keturunan Raja Majapahit. Menurut Mitologi warga, karena kesaktiannya itu, ia bahkan dapat menaklukan petir.Para peziarah pun praktis menyempatkan diri berkunjung ke rumah petani itu. Entah sekadar untuk menonton, memegang atau bahkan berswafoto dengan pohon pisang berbuah ribuan itu."Saya penasaran dan ingin memastikan. Ternyata benar. Memang sangat unik. Baru kali ini saya melihat pohon pisang seperti ini," kata Sukamto, warga Perumahan Ayodya Purwodadi

 
Dijelaskan Hisyam, pohon pisangnya itu ditanamnya secara vegetatif. Tunas   muda sebelumnya ia peroleh dari tetangga di kampung halamannya.

  
"Saya minta tunas dari teman, karena ingin tandur pisang. Ehh tak tahunya malah seperti ini," tutur kakek tiga belas cucu ini.Pohon pisang Hisyam, katanya merupakan varietas pisang hijau. Hisyam pun tak menyangka bakal muncul keunikan  di luar perkiraannya.Semula pohon pisang yang telah berumur enam bulan ini tumbuh sempurna. Hanya saja, beberapa hari ini tandan pisang berangsur memanjang sejurus kemudian buahnya berbuah lebat."Awalnya biasa saja tak ada kejanggalan. Tapi dalam kurun empat hari ini, buahnya jadi banyak. Ada ribuan kalau dihitung. Pohon pisang ini tumbuh subur dan bahkan buahnya yang sudah matang saya cicipi. Rasanya sangat manis," ungkap Hisyam.Atas fenomena ini, Hisyam pun mempersilakan kepada para ahli pertanian untuk melakukan penelitian mensoal pohon pisang miliknya itu. Syukur-syukur kemudian hari bisa bermanfaat baik bagi masyarakat."Di samping pohon pisang itu sudah tumbuh anak'an. Saya harap ada ilmuwan yang datang untuk mengungkap fenomena ini. Siapa tahu berguna bagi dunia pertanian?" pungkas Hisyam.

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.